27 Desember 2011

deklarasi pascal

1.       Pengertian pascal ?
2.       Deklarasi pada pascal (penjelsanya) ?
3.       Langkah” pembuatan program ?
Jawaban
1.       Pascal merupakan bahasa pemrograman yang terstruktur , artinya bahasa pemrogramnnya dapat dipecah menjadi fungsi - fungsi kecil yang dapat digunakan berulang - ulang kali . Pascal pertama kali diperkenalkan oleh Niklaus Wirth pada tahun 1971 . Bahasa pemrograman ini penting untuk dipelajari karena banyak bahasa pemrograman lainnya menggunakan bahasa dasar Pascal , semisal Delphi . Oleh karena itu jika mempelajari bahasa pemrograman pascal akan sangat mudah mempelajari delhi , karena Delphi sendiri merupakan visual dari pascal sama halnya seperti Visual Basic .

     Bahasa Pemrograman pascal merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi  tim nasional olimpiade ( TOKI ) . Oleh karena itu sangat penting mempelajari bahasa pemrograman pascal . Versi Pascal yang sangat dikenal oleh orang banyak adalah Turbo Pascal buatan Borland International yang bekerja di lingkungan sistem operasi DOS . Sampai saat ini Turbo Pascal sudah mengeluarkan TurboPascal-7.0 sedangkan Pascal sendiri sudah mencapai versi 2.4.0 . Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan di banyak sistem operasi seperti , Windows , Linux , Mac OS , dll .
2.    DEKLARASI VAR.
Dapat diartikan pemesan tempat dalam memory komputer dan penentuan jenis data disimpan didalamnya. Kata cadang ‘VAR’ digunakan sebagai judul didalam bagian deklarasi variabel dan diikuti oleh daftar variabel dapat berupa satu atau sejumlah variabel dan jika lebih dari satu variabel antara variabel satu dengan variabel lainnya dipisahkan dengan variabel lainnya dipisahkan dengan tanda koma, diikuti dengan titik dua dan tipe datanya diakhiri dengan tanda titik koma.
Bentuknya “Var” digunakan untuk mendeklarasikan suatu variabel. Variabel yang dideklarasikan harus memiliki tipe data tertentu.

Bentuknya:
VAR
Daftar_variabel_1 : tipe_1

.
Daftar_variabel_n : tipe_n
Contoh :
VAR
TotBayar, Beli, Diskon, Real;
Keterangan : String [25];
Begin
Beli := 100000;
Diskon := 0.20 * Beli;
TotBayar := Beli – Diskon;
Keterangan := ‘ Pelanggan ’;
writeln ( ‘ Pembelian : Rp ‘, Beli ‘);
writeln ( ‘ Diskon : Rp ‘, Diskon ‘);
writeln ( ‘ Total Bayar : Rp ‘, TotBayar ‘);
writeln ( ‘ Keterangan : Rp ‘, Keterangan ‘);
End.
Hasil :
Pembelian : 100000.00
Diskon : 20000.00
Total Bayar : 80000.00
Keterangan : Pelanggan

3.

                                     




Tidak ada komentar: